Edukasi Kebebasan Berpendapat dan Politik, Kepada Guru Di Kota Tegal

Edukasi Politik

Acara Pendidikan Politik dan Kebebasan Berpendapat Oleh Kesbangpol (Foto : Diryo Suparto)

Kebebasan berpendapat merupakan hak yang melekat dalam diri setiap individu sejak ia dilahirkan. Hal itu disampaikan oleh Diryo Suparto dalam acara pendidikan politik oleh Kesbangpol Kota Tegal, diikuti dari guru SD dan SMP yang bertempat di Restoran Ayam Gepuk Kota Tegal, pada 11 November 2020.

Acara dihadiri oleh Kesbangpol Kota Tegal Budi Saptaji dan pemateri Diryo Suparto pengamat komunikasi politik UPS Tegal serta Rustono dari ketua Lembaga Kajian Bela Negara.

Dalam pembukaanya, Kesbangpol menyampaikan jika acara ini di konsep untuk pemilih pemula, tetapi karena ada covid-19 menyebabkan pembelajaran tidak memungkinkan, ucapnya.

Diryo mengapresiasi acara ini karena di tengah isu Nasional pro dan kontra UU Cipta Kerja dan lainya, forum ini menjadi aspirasi warga sekaligus mengedukasi politik yang konstruktif bagi guru yang nantinya akan di breackdown kepada siswa didiknya.

“Kebebasan berpendapat merupakan hak yang melekat dalam diri setiap individu sejak ia dilahirkan. Hak tersebut dijamin oleh konstitusi dan negera. Indonesia sebagai negara hukum yang demokratis berkewajiban mengatur dan melindungi hak ini”, tuturnya.

Diryo menambahkan, Meskipun kita memiliki hak kebebasan dalam mengeluarkan pikiran ataupun pendapat, akan tetapi kebebasan itu bukan merupakan kebebasan mutlak yang tanpa batas. Kebebasan yang kita jalani adalah kebebasan yang bertanggung jawab.

Pada kesempatan yang sama, Kesbangpol berharap para bapak dan ibu guru bisa menjadi informan dan pencerah bagi masyarakat. Yang harus menjadi opini leader di masyarakat dan siswa didik khususnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *