Pekan Kebudayaan Nasional 2020 : Perhelatan Kebudayaan Tradisi Secara Virtual

pkn 2020

Loga Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) (Foto : Kemendikbud)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pada tahun ini.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) merupakan bentuk realisasi dari Resolusi Kongres Kebudayaan pada 2018, serta PKN yang telah terselenggara untuk pertama kalinya pada tahun 2019.

Berbeda dengan PKN 2019, pada tahun ini situasi pandemi virus Corona membuat perencanaan PKN 2020 mengalami perubahan.  Oleh karenanya seluruh program dalam PKN 2020 akan diselenggarakan secara daring atau virtual.

Dengan tema utama yaitu “Ruang Bersama Indonesia Bahagia”, narasi yang akan diangkat dalam PKN 2020 adalah penguatan tubuh dalam perspektif kebudayaan (Culture Resilience). 

PKN 2020, mencakup 4 program utama yang diantaranya:

Kompetisi

Yakni perlombaan atau pertandingan berbasis Objek Pemajuan Kebudayaan berdasarkan isu yang akan diangkat serta upaya pemajuan kebudayaan, khususnya permainan tradisional.

Konferensi

Yakni diskusi dalam bentuk seminar, kuliah umum, pidato, talkshow, workshop, dan atau diskusi terpumpun tentang isu yang diangkat dan upaya pemajuan kebudayaan.

Pameran

Yakni berbagai bentuk pengolahan Objek Pemajuan Kebudayaan yang dapat merepresentasikan isu yang diangkat dalam PKN 2020 serta upaya pemajuan kebudayaan dalam bentuk visual dan audio visual.

Pergelaran

Yakni pertunjukan seni berbasis Objek Pemajuan Kebudayaan terkait dengan isu yang diangkat dan pertunjukan seni yang menggugah apresiasi seni dan budaya bagi generasi muda.

PKN 2020 di gadang-gadang akan menjadi sebuah perhelatan kebudayaan tradisi melalui daring yang terbesar di dunia. Melibatkan 4.791 seniman dan pekerja seni, 27 tema konferensi, 93 pergelaran, 1.477 lukisan dipamerkan secara virtual dalam 5 ketegori pameran. 

Perhelatan PKN 2020 dimulai pada tanggal 31 Oktober hingga 30 November 2020. Semua kegiatan akan bisa diakses melalui Website Resmi Pekan Kesenian Nasional 2020 di https://pkn.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *