Semangat Kolaborasi KKN Desa Pesantunan Dengan Bank Sampah Asri Menuju Desa Lestari

KKN Ups Tegal

Kolaborasi Mahasiswa KKN UPS Tegal Dengan Bank Sampah Asri (Foto : Adep Kristanti)

Desa Pesantunan, Kabupaten Brebes menjadi salah satu Desa yang tumbuh dan menjadi inovasi dalam menuju desa lestari atau mandiri sampah. Hal itu terlihat setelah adanya peresmian Bank Sampah Asri pada Oktober 2019 lalu.

Idza Priyanti selaku Bupati Brebes berharap, Desa Pesantunan mampu menjadi contoh implementasi Perda nomor 5 Tahun 2019 tentang Lingkungan Hidup dan Perbup 57 Tahun 2019 tentang Pedoman Pengurangan Sampah Plastik Berbasis Masyarakat.

Pada November 2020 ini, mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal yang juga sedang melaksanakan KKN atau Pengabdian Masyarakat di Desa Pesantunan, mendapat kesempatan untuk berkolaborasi langsung dengan Bank Sampah Asri.

Kolaborasi ini menjadi semangat baru bagi Bank Sampah, terutama dalam pengolahan sampah kering yang nantinya akan diolah menjadi kerajinan ekobrik.

Kerajinan ekobrik sendiri adalah seni pengolahan sampah plastik yang di pampatan kedalam botol plastik. sehingga hasil dari pemampatan atau penekanan secara padat, yang kemudian bisa dibuat seperti meja dan kursi.

Selain itu, pembuatan kerajinan ini nantinya akan ditularkan melalui video tutorial singkat guna menghindari kerumunan masa disaat pandemi covid 19. Sehingga edukasi kongkrit tentang pengolahan sampah tidak terhenti dimasa pandemi seperti ini.

Menurut Rudi Hartanto selaku Direktur Bank Sampah Santunan Asri dan penggiat lingkungan, pengolahan sampah sangat penting apalagi jika sampah kering yang menumpuk akan sangat sulit sekali diurai maka dari itu perlu pengolahan yang baik bukan hanya dari penggiat lingkungan saja melainkan memang kesadaran yang muncul dari masyarakatnya, ucapnya.

Editor : Rulas Agustiar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *