Sukses Karir Dengan Membangun “Personal Branding” di Era Digital

Personal branding dalam membangun karir

Ilustrasi by icons8 team

Seiring perkembangan teknologi saat ini, semua orang dengan mudah melakukan berbagai aktivitas menggunakan kecanggihan teknologi. Personal branding pun banyak dibangun dengan memanfatkan teknologi melalui internet atau media online. Dengan membangun “Personal Branding” berarti memperlihatkan keunggulan dan potensi yang membedakan kita dengan orang lain. Tentu saja, hal ini akan berpengaruh terhadap kesuksesan karir.

Terutama di era digital ini, bagaimana kamu mempromosikan personal branding kepada perusahaan. Banyak perusahaan besar maupun kecil dalam proses recruitment kerja melakukan pengecekan aktivitas pelamarnya di media online atau internet. Seperti yang sering dijumpai adalah banyaknya lowongan pekerjaan yang mewajibkan pelamarnya mencantumkan akun media social dan website yang dimiliki.

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding dalam membangun karir
Ilustrasi by icons8 team

Personal branding pada dasarnya adalah bagaimana kita menunjukan dan mempromosikan diri sendiri lebih baik secara individual. Dengan membangun personal branding, perusahaan atau khalayak umum dapat melihat keunggulan dan potensi kamu beda dari individu lain. Personal branding berbeda dengan penghargaan atau gelar yang dimiliki seseorang, personal branding adalah citra positif seseorang yang dibentuk dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan secara terus menerus dari waktu ke waktu dengan menonjolkan keunggulan dan potensi yang kamu punya.

Pentingnya Personal branding

Pentingnya Personal branding
Ilustrasi by Brooke Cagle

Menempatkan personal branding sebagai kunci sukses dalam mendapatkan atau membangun karir memiliki dampak yang besar bagi diri kamu. Belum lagi dimasa tren perkembangan digital, dan revolusi industry ke-4. Semua orang  berupaya untuk membangun karir dengan mmembangun personal branding. Contoh jika kamu ingin menjadi public figure, politisi, desainer, digital marketing, pekerja professional atau lainnya perlu menonjolkan kelebihan diri kamu untuk dapat dikenal oleh perusahaan atau khalayak umum.

Nilai positif inilah yang akan melekat pada kamu, yang akhirnya digunakan oleh perusahaan mengenal bagaimana kelebihan diri kamu tersebut untuk selalu diingat. Hal seperti inilah yang diperlukan kamu guna mempersiapkan diri untuk mempunyai personal branding yang positif di mata perusahaan atau khalayak umum. Dengan ini akan menjadikan diri kamu pantas untuk dihargai, dimiliki, dan bersaing dengan individu lain untuk mendapatkan karir atau membangun karir.

Membangun personal branding

personal branding
Ilustrasi by Austin Distel

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk membangun personal branding.  Di era digital kamu bisa memanfaatkan tren perkembangan media sosial, blog, situs web pribadi, untuk dijadikan sebagai alat dalam membangun personal branding. Seperti halnya adalah dengan membuat tulisan menarik yang lagi tren seperti kuliner, tempat wisata, tutorial, opini, hal ini tentu akan membantumu untuk mendapatkan pengalaman menulis, yang nantinya bisa dijadikan bekal untuk mendaftar pekerjaan dari sebuah perusahaan media yang bisa saja menuntut keahlian menulis. Membuat konten video menarik di youtube  ataupun dunia pendidikan adalah salah satu cara lain dalam melakukan personal branding.

personal branding
Ilustrasi by social networking

Disamping itu kamu juga harus menjaga perilaku di media social, khususnya dalam menampilkan diri di ruang public online facebook, twitter, instagram atau lainnya.

Media sosial adalah ruang publik yang akan dilihat dan dinilai oleh khalayak umum sehingga personal brand yang diciptakan akan mudah dilihat dan diingat. Untuk kamu yang sedang membentuk personal branding, berusahalah untuk selalu tampil unggul di depan umum, unggul bukan berarti harus menyombongkan diri, tapi tampil unggul dengan dapat menonjolkan keahlian dan kreativitas terbaik dari kamu. Karena itu berusahalah untuk tetap menjadi individu yang berkualitas di mana pun berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *